Minuman Sehat Saat Berbuka Puasa Bulan Ramadhan

Meminum air yang cukup selama bulan ramadhan adalah keharusan bagi kita. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan tubuh kita dehidrasi. Kalau hal ini dibiarkan berlanjut maka bisa menyebabkan tubuh semakin lemah. Lama kelamaan bisa menyebabkan sakit. 

Air galon mineral

Oleh karena ini harus memilih minuman yang baik bagi kesehatan kita. Minuman yang dimaksud adalah minuman yang bisa memulihkan tubuh dari rasa haus dan kekurangan ion bisa tergantikan dengan cepat. Berikut ini ada beberapa minuman yang baik untuk kita selama menjalani puasa : 

Air Putih 

Air putih adalah pilihan utama yang harus diminum saat berbuka puasa. Air putih mempunyai peranan dalam metabolisme dalam tubuh dan menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang. Paling tidak kita mengkonsumsi 8 gelas atau 2 liter perhari. Diminumnya tidak perlu sekaligus, tetapi bertahap sesuai dengan kebutuhan. Yang jelas 24 jam harus masuk mimimal 2 liter. 

Air Kelapa

Air kelapa sangat dianjurkan karena rendah kalori, rendah dan tidak mengandung lemak. Air kelapa mengandung eletrolit  yang bisa menggantikan ion tubuh yang hilang. Disamping itu air kelapa memiliki rasa yang nikmat saat dikonsumsi dan memberi kesegaran tubuh.

Jus Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral. Jus ini mampu menghidrasi tubuh kita setelah seharian berpuasa. Apalagi anak-anak kita tidak suka mengkonsumsi sayur secara langsung maka jus ini solusinya, supaya anak-anak terpenuhi energinya. Kalau ada tambahkan juga sari kurma  untuk menambah nilai gizinya. 

Teh Herbal

Teh herbal sangat baik untuk memperbaiki pencernaan, disamping itu memiliki anti oksidan yang tinggi. Salah satu contoh teh herbal adalah bahsn dasar jahe. Jahe bisa memperbaiki pencernaan dan juga membunuh mikroba tertentu dalam usus. Hanya saja dalam penyajiannya kurangi gula berlebihan. 

Baca juga : 

Pastel termasuk menu buka puasa yang digemari 

Es kul kul 

Manfaat kelapa muda saat buka puasa




Komentar

Postingan Populer